Mahasiswa Unusa dalam generasi Aswaja An-Nahdliyah

 



Pemateri: KH. Reza Ahmad Zahid - Pengasuh Ponpes Lirboyo,
Kediri Wakil Ketua PWNU Jatim dan Rektor IAI
Tribakti Kediri
 
Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama'ah
- Sunnah secara Bahasa adalah: Suatu jalan walaupun tidak diridlai
- Sunnah secara Syara' adalah Jalan yang diridlai (Allah) yang ditempuh dalam agama, yaitu yang ditempuh oleh Rasulullah saw. dan yang lainya, yang faham terhadap agama, dan kalangan para sahabat.
- Sunnah secara Urf (tradisi), adalah Suatu ajaran yang dikuti secara konsisten oleh para pengikut, baik nabi maupun wali. Dan istilahi sunny adalah musbat kepada sumah
- Jama'ah adalah sekelompok orang yang berkumpul dan bersatu diatas kebenaran yang berdasarkan al-Qur'an dan Hadits, dan mereka adalah para sahabat dan orang-orang yang setia mengikuti mereka (tab'un) walaupun jumlah mereka sedikit.
- Ahlus Sunnah wal Jama'ah adalah Golongan yang berpegang teguh dengan Al-Qur'an dan sunnah serta pemahaman dan penerapan para sahabat dalam memahami dan mengamalkan Islam. Termasuk dalam golongan mereka para sahabat rosul, tabi'in, tabi'it tabi'in, kaum ulama sunnah dan para pengikut mereka (dan semua lapisan umat) sampai hari kiamat

Jamaah dikatakan Ahlus Sunnah Wal Jama'ah Ketika jamaah mengikuti apa yang digariskan di Alquran dan hadist, mengikuti perintah Allah Rasulullah dan sahabat.

Pengetahuan Nahdhatul Ulama:
Nadhlatul Ulama adalah sebuah organisasi agama Islam yang mengikuti paham Ahlus Sunnah wal Jama'ah dan terbentuk pala talin 16 Rogab 1311 31 Januar 1926 di Surabaya, yang lahir dari pesantren, pendima adalals KII Haji Awan beserta p yang lainnya seperti KH. Abdul Wahab Haibullah KH Bari Sanon, KI1. Ridin Abdullah KH Mas Al Abdhil Anir, dan lain sebagainya.

Visi dan Misi Nadhlatul Ulama
 
Visi : Menjadi penyedia informasi ke-NU-an dan keislaman yang menyejukkan dan terpercaya
Misi : 
1. Menjadi pilihan pertama untuk memperoleh informasi ke-NU-an dan keislaman yang terpercaya
2. Menghasilkan informasi yang menyejukkan dan mendorong sikap keagamaan yang berkeadilan, moderat, dan menghargai keberagaman.
3. Menghasilkan produk informasi yang berkualitas.
4. Menjadi ruang untuk mengembangkan sikap profesionalitas yang tinggi disertai semangat berkhidmah untuk umat dan bangsa.

Tradisi NU dalam Mahzab 
Secara spesifik, NU merumuskan Aswaja sebaga sebuah mazhab yang dalam berakidah mengikuti salah satu dari dua imam Al-Asy'ari dan Al-Maturidi (Bukhara), dalam ubudiyali mengikuti salah satu mam empar (Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hambali), dan dalam bidang tasawuf mengikuti salah satu dan dua imam Al-Junaidi atau Al- Ghazali.
 4 dasar prinsip Nadhlatul Ulama:
- Tawassuth/ Moderat : pengambilan jalan tengah.
- Tasamuh/Toleransi : menghargai perbedaan dan menghormati orang yang memiliki prinsip hidup tidak sama.
- I'tidal / Adil dan Tegak Lurus
- Tawazun/keseimbangan 

Al Isnaadu Minad Diin
- Berguru dan memiliki sanad keilmuan adalah bagian dari agama
- Barang siapa yang belajar tanpa guru maka dia berguru kepada setan
- Sanad keilmuan sebagai ketersambungan silsilah keilmuan dari mund kepada sang guru

Lihat juga blog


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Program LPKS

KEMERDEKAAN RI KE 79